PropertiTerkini.com, [BSD CITY] – Kawasan Intermoda BSD City mulai beroperasi pada awal 2019 dengan fasilitas berupa Stasiun Cisauk, Terminal BSD Link dan Pasar Modern Intermoda.

Kawasan Intermoda BSD City menghubungkan transportasi dari dalam dan luar BSD City melalui kereta listrik dan transportasi dalam wilayah BSD City sendiri dengan shuttle bus gratis BSD Link yang menghubungkan beberapa lokasi penting di BSD City. Setiap armada BSD Link berukuran medium dengan kapasitas 27 seat serta 20 hang grip sehingga dapat membawa 47 penumpang.

Sejak beroperasi pada pertengahan 2018 lalu, BSD Link telah melayani 71.000 penumpang per bulannya. Operasional bus gratis ini memiliki total 14 armada dengan jadwal lintas yang teratur.

Baca Juga: Dalam Dua Bulan, Commuters Stasiun Cisauk Melonjak Hingga 14 Ribu, Kok Bisa?

BSD Link memiliki 6 rute harian termasuk (1) Intermoda – De Park, (2) Greenwich Park – Sektor 1.3, (3) Intermoda – Vanya Park, (4) Sinar Mas Land Plaza – ITC BSD, (5) The Breeze – Aeon – ICE dan beberapa rute lain yang beroperasi pada hari kerja.

Rute-rute tersebut memudahkan warga BSD City dalam bertransportasi sehari-hari, baik untuk bekerja, maupun rekreasi.

“Dengan adanya BSD Link, penghuni dan pengunjung akan lebih nyaman menggunakan kendaraan umum, dibandingkan dengan kendaraan pribadi dan dampaknya akan mengurangi kemacetan,” ujar Panji Himawan, Corporate Communication & Public Affair Division Head Sinar Mas Land dalam keterangannya yang diterima, Minggu (22/12/2019).

Hal ini pun dimanfaatkan dengan baik oleh para mahasiswa yang memiliki kampus di BSD City. Jeanette Natasha, salah satu mahasiswi Universitas Katholik Atma Jaya BSD City menyatakan, “Berkendara di BSD City sangat mudah. Dari kampus BSD City saya bisa bepergian gratis dengan BSD Link ke Aeon Mall dan The Breeze untuk hang out, bisa juga lihat pameran di ICE. Walaupun beberapa kuliah masih diadakan di kampus Semanggi, Jakarta, saya tidak merasa kesulitan bepergian ke sana karena bisa berkendara dengan mudah naik kereta Commuter Line melalui Intermoda BSD City.”

Hal ini disetujui oleh Jonathan, mahasiswa dari Prasetiya Mulya Business School. Kata dia, “BSD Link memudahkan saya untuk pergi ke kampus dan kerja paruh waktu di Aeon Mall. Kepastian jadwal shuttle bus gratis ini memberi saya ketepatan waktu dan disiplin baik dalam belajar maupun bekerja.”

Baca Juga: Smart City di Ibu Kota Baru, Jokowi: Lokasinya Mendukung

Panji Himawan mengutarakan, “Integrasi Terminal BSD Link ke dalam kawasan Intermoda BSD City merupakan bagian dari transformasi BSD City untuk menjadi the first integrated smart digital city. Percepatan dan kemudahan mobilitas atau perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya ini ini manjadi salah satu fokus kami dalam pengembangan smart city. Kawasan Intermoda BSD City ini dirancang untuk memudahkan mobilitas warga yang tinggal di kawasan BSD City dan sekitarnya menuju Jakarta atau sebaliknya.”

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan BSD Link, dapat menunggu di sejumlah halte bus yang ada di kawasan BSD City. Transportasi sebagai Bagian dari Transformasi BSD City menjadi The First Integrated Smart City.

Dalam transformasinya sebagai the first integrated smart digital city, BSD City telah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, mulai dari rumah sakit berstandar internasional Eka Hospital, berbagai sekolah dan perguruan tinggi bergengsi, hingga kawasan bisnis dan perkantoran, AEON Mall BSD City dan Indonesia Convention Exhibition (ICE).

Lalu lintas di BSD City diawasi dengan surveillance system yang dipantau dari Command Centre. Hal ini membantu meminimalisir kemacetan sehingga konduktifitas lalu lintas dapat selalu terjaga. Sinar Mas Land juga memiliki BSD Link, shuttle bus gratis yang menghubungkan berbagai landmarks dan fasilitas utama di BSD City. Saat ini jadwal bus BSD Link dapat dilihat di http://bsdcity.com/facilities/transportation.

Sejak awal 2019, BSD City juga bekerjasama dengan Grab untuk memberikan mobilitas yang lebih nyaman bagi warganya. Grab Innovation and Engineering Lab yang berkantor di BSD city akan menjalankan metode pemetaan daerah, mengembangkan Personal Mobility Devices (PMD) dan berbagai aktifitas lainnya.

Baca Juga: Gandeng Microsoft, Sinar Mas Land Pelopori Konsep Smart City

Kemudahan berkendara dari/ke BSD City dapat dinikmati dengan beragam akses seperti Tol JORR, Tol Kebon Jeruk dan tol Kunciran-Serpong yang merupakan bagian dari JORR W2. Ketiga akses tol ini terhubung dengan berbagai jalan tol di Pulau Jawa. Oleh sebab itu, warga dapat dengan mudah mengakses Bandara internasional Soekarno-Hatta, beraktifitas di Jakarta dan sekitarnya, juga bepergian ke luar kota.