28 April 2020 oleh Ashley Hanson
Bagi orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan padat, memiliki taman lengkap sepertinya tidak memungkinkan mungkin. Namun, ini tentu saja tidak berarti tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk hal itu. Ada puluhan ide taman atap yang dapat membantu Anda mengubah ruang yang ada dan membuat area taman kecil yang dapat Anda nikmati.
Kami akan memberikan beberapa ide taman atap yang dapat Anda coba sendiri. Selain itu, kami akan mencantumkan beberapa hal yang sebaiknya Anda pertimbangkan ketika Anda memutuskan apakah jenis taman ini cocok untuk situasi Anda atau tidak.

1. Gunakan Tatakan Bunga Gantung

Salah satu cara termudah untuk membantu Anda membuat taman yang menakjubkan adalah menggunakan hamparan bunga yang terangkat atau tatakan bunga yang ditanamkan ke dinding. Sejauh ini, menggunakan tatakan bunga bisa menjadi pilihan yang utama. Tatakan bunga gantung ini bisa dipasang dengan menempelkannya di dinding. Jika Anda ingin menanam hal-hal seperti bunga yang lebih besar atau pohon kecil, Anda dapat membuat tatakan yang lebih besar dengan kedalaman setidaknya dua kaki.
Anda ingin memastikan bahwa Anda memiliki membran kedap air di dalam kotak dengan penghalang akar tebal di bagian bawah dan di sisi yang mencegah akar menyebar melalui dan merusak atap. Ide taman atap ini juga bagus jika Anda berencana untuk menanam sayuran seperti tomat. Anda tidak perlu membungkuk terlalu jauh untuk menyiram dan memangkasnya, dan ini membuatnya jauh lebih tidak membebani tubuh Anda untuk memelihara taman Anda.
Tatakan bunga yang ditinggikan memungkinkan Anda untuk membuat desain berlapis yang memberi Anda lebih banyak ruang untuk menanam taman atap Anda.

2. Biarkan Area Terbuka

Ketika Anda memiliki ide-ide taman atap, Anda mungkin berpikir untuk mencoba menggunakan seluruh ruang Anda. Namun, menjaganya tetap terbuka bisa mengundang kesan dan tampilan yang lapang. Ini juga membuat taman Anda terlihat jauh lebih besar daripada sebenarnya jika Anda ingin menjaga ruang terbuka lebar. Anda dapat menggunakan kaca transparan alih-alih dinding plastik untuk membantu membagi bagian yang berbeda.
Jika Anda ingin membuat perbatasan di sekitar tanaman Anda, satu ide taman atap adalah menggunakan pagar atau pagar tipis. Anda tidak menghalangi ruang, tetapi Anda memperkenalkan beberapa garis keras untuk memberikan taman Anda aliran alami dari satu titik ke titik berikutnya.

3. Manfaatkan Ruang Vertikal

Mungkin Anda tidak memiliki pemandangan terbaik di sekitar taman atap Anda. Anda bisa memiliki bangunan yang lebih tua, tanda-tanda rusak, atau hanya kotoran umum yang menghilangkan pesona ruang Anda. Salah satu ide taman atap yang bagus adalah mengambil keuntungan dari ruang vertikal Anda dan membuat dinding alami sambil meningkatkan tanaman hijau Anda. Anda ingin melihat ke pohon atau semak yang baik di bawah sinar matahari penuh.
Salah satu opsi yang tersedia adalah menumbuhkan rumput dan bambu. Mereka bisa menjadi relatif tinggi, tetapi pemeliharaan mereka juga sangat rendah. Semak dan pohon hias adalah pilihan lain jika Anda puas menunggu satu atau dua tahun agar lepas landas. Ide taman atap ini adalah tentang mengambil keuntungan dari ruang vertikal Anda sekaligus meningkatkan tampilan Anda pada saat yang sama.
Tanaman pagar menciptakan dinding hijau yang indah yang akan memberi Anda privasi sambil menambahkan percikan warna ke taman Anda. Teralis dengan tanaman merambat juga bisa diaplikasikan dengan sangat baik.

4. Desain Taman Anda

Tidak peduli apa ide taman atap Anda, Anda harus mendesainnya terlebih dahulu. Proses desain ini akan membantu Anda memastikan bahwa Anda mendapatkan beragam ukuran tanaman untuk dikerjakan. Misalnya, Anda dapat membuat dinding hidup di satu sisi taman yang menggunakan ruang vertikal dan horizontal, dan sisi lain taman Anda bisa memiliki semak dan pohon yang lebih tinggi untuk menyeimbangkannya.
Anda dapat mencampur dan mencocokkan penutup tanah, tanaman yang lebih besar, bunga yang cerah, dan semak. Membeli wadah dalam berbagai ukuran dan bentuk adalah ide taman atap yang bagus karena ini akan membantu Anda menciptakan area yang menarik di sekitar ruang Anda. Membuat desain juga akan membantu Anda menganggarkan karena akan memberi Anda pemahaman yang jelas tentang pabrik dan wadah yang Anda butuhkan sebelum mulai berbelanja.

5. Tambahkan Perabot

Taman baru Anda tidak akan lengkap tanpa area tempat duduk. Mungkin Anda ingin meluangkan waktu setiap hari dan bersantai atau bersantai, atau Anda menginginkan area di mana Anda bisa makan malam. Saat Anda mempertimbangkan ide-ide taman atap, pertimbangkan furnitur. Merupakan ide bagus untuk membuat pilihan Anda sejak dini karena ini dapat membantu Anda merencanakan desain tanpa harus mengatur ulang setengah jalan.
Siapa pun yang ingin ruang dapat melihat ke dalam perabot yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Ada banyak pilihan untuk bangku, dan mereka menciptakan area tempat duduk yang bagus dalam proses. Saat Anda membentuk ide taman atap ini, pertimbangkan area Anda. Jika Anda berada di suatu tempat yang memiliki empat musim, Anda mungkin membutuhkan furnitur yang lebih keras atau memiliki rencana untuk menyimpannya begitu cuaca berubah. Untuk iklim yang lebih ringan, Anda mungkin bisa menggunakan furnitur yang lebih ringan.
Perabotan luar ruangan Anda harus cukup tahan lama untuk menahan unsur-unsur sementara masih fungsional dan pas ke ruang itu sendiri.

6. Memasukkan Pencahayaan

Pencahayaan adalah ide taman atap yang penting yang dilupakan banyak orang sampai terlambat. Anda ingin dapat menikmati ruang baru Anda setelah senja, dan lampu LED berbentuk tali bisa digunakan. Sangat mudah untuk mendapatkan lampu LED berbentuk tali yang dapat Anda lilitkan di lantai, dinding, dan melalui pohon apa pun yang Anda miliki. Lampu LED tersedia dalam berbagai warna yang berbeda, dan Anda dapat memilih dari baterai atau yang bertenaga surya.
Pencahayaan Anda dapat membantu Anda mengatur suasana untuk taman Anda. Mungkin Anda selalu bermimpi memiliki ruang yang tenang untuk duduk dan bersantai dengan buku yang bagus, atau Anda ingin area yang bagus untuk berkumpul bersama semua teman dan keluarga Anda. Bagaimanapun juga, ide taman atap ini akan memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari ruang Anda mungkin pada siang dan malam hari.

7. Pilih Tiga atau Lebih Sedikit Warna

Meskipun tergoda untuk melakukan semua dengan skema warna Anda ketika Anda memikirkan ide-ide taman atap, Anda ingin mempertimbangkan untuk menskalakannya kembali. Pilih satu warna untuk menjadi warna aksen utama Anda, lalu pilih dua warna lain yang cocok dengan warna utama Anda. Menggunakan warna yang lebih sedikit adalah cara yang bagus untuk memberi area Anda tampilan yang ramping dan canggih yang tidak mencuri sorotan dari taman Anda yang ditata dengan cermat.
Jika ide taman atap Anda muncul dengan beberapa warna cerah dan tebal atau memiliki warna berbeda di lantai, dinding, furnitur, pagar, atau wadah, itu dapat membuat ruang terlihat sangat berantakan dan sibuk. Menggabungkan warna netral dengan warna lembut lainnya adalah cara terbaik untuk melakukannya. Abu-abu, putih, nila, dan krem ​​semuanya mampu untuk meningkatkan keindahan alami dari tanaman yang Anda.
Ketika Anda memilih warna cat Anda, pikirkan warna yang akan meningkatkan tanaman Anda dan menjadikannya bintang taman. Anda tidak ingin menghilangkannya dengan memilih warna yang terlalu mencolok.

8. Tambahkan Titik Fokus

Menambahkan titik fokus akan membuat siapa pun yang pergi ke taman Anda tempat untuk melihat. Tujuan titik fokus adalah untuk menarik perhatian, dan ada baiknya untuk merencanakan satu atau dua ketika Anda melakukan brainstorming ide-ide taman atap. Anda bisa memiliki fitur air kecil, patung, pengaturan wadah yang indah, pohon-pohon tinggi, atau ini bisa menjadi area tempat duduk untuk keluarga dan teman-teman Anda.
Gagasan taman atap lainnya adalah membuat area teduh dan menggantung layar teduh atau tempat tidur gantung. Ini akan memberi Anda area yang sedikit lebih dingin untuk bersantai di siang hari. Selain itu, area teduh ini memungkinkan Anda mencampur dan mencocokkan berbagai tanaman yang membutuhkan naungan penuh atau sebagian untuk memberi Anda sedikit lebih banyak keanekaragaman. Bawalah buku favorit Anda, kindle, atau kegemaran Anda dan duduk di titik fokus untuk menikmati taman Anda.

9. Pasang Lantai

Ini mungkin rumit jika Anda tinggal di gedung apartemen yang tidak memungkinkan Anda menambahkan apa pun ke atap. Namun, itu adalah ide taman atap yang solid yang dapat memperpanjang umur taman Anda. Beton tidak apa-apa untuk sebagian besar, tetapi Anda dapat membuat area yang terlihat lebih bagus jika Anda memasang beberapa jenis lantai. Anda ingin mempertimbangkan anggaran dan iklim tempat tinggal Anda sebelum Anda memutuskannya.
Misalnya, lantai kayu tidak cocok untuk sebagian besar karena dapat melengkung jika basah karena hujan atau ketika Anda menyirami tanaman. Namun, hal-hal seperti ubin atau bahkan vinil dapat berfungsi. Anda dapat membeli vinil tempel dan menempelkannya ke atap bangunan Anda. Ini akan membantu Anda menentukan area untuk taman atap Anda, dan itu akan membuat ruang terlihat lebih rapi dan ramah.
Anda dapat menggunakan hardscapes seperti batu dan batu bata untuk membuat lantai untuk taman atap Anda. Namun, ini akan menambah jumlah berat yang signifikan.

10. Maksimalkan Ruang Anda

Anda kemungkinan besar tidak memiliki banyak ruang untuk jenis taman ini, jadi Anda ingin memastikan bahwa Anda melakukan semua yang Anda bisa untuk memaksimalkan ruang Anda ketika Anda mempertimbangkan ide-ide taman atap yang berbeda. Misalnya, mungkin Anda memiliki pagar yang membentang di sekeliling atap. Jika demikian, Anda dapat menggantung beberapa teralis di tepinya dan menanam lebih banyak bunga. Sangat penting bahwa Anda mengambil langkah-langkah untuk mengamankannya karena itu bisa melukai seseorang jika jatuh secara tidak sengaja.
Sudut-sudut adalah area yang sering diabaikan, tetapi Anda bisa membangun di beberapa rak sudut dan memanfaatkan ruang ini. Tanam item Anda di penanam bertumpuk untuk membuat lapisan yang memanfaatkan ruang sebanyak mungkin, baik secara vertikal maupun horizontal. Tujuan dengan ide taman atap ini adalah untuk membantu Anda memaksimalkan setiap inci persegi ruang yang Anda miliki untuk menciptakan tampilan penuh.

11. Tambahkan Taman Sayuran

Jika Anda tidak senang dengan gagasan untuk menambahkan bunga atau tanaman hias ke area atap Anda, pertimbangkan untuk membuat kebun sayur. Gagasan taman atap ini adalah cara yang bagus untuk memanfaatkan ruang ini, dan Anda dapat memiliki sayuran segar sepanjang musim tanam. Jika Anda hidup di iklim yang lebih hangat, Anda bahkan dapat mencoba menanam pohon buah-buahan dan menyediakan buah dan sayuran.
Siapa pun yang memiliki tetangga yang ingin membantu dapat menarik mereka ke ide taman atap mereka. Mungkin Anda setuju untuk berbagi hadiah dengan mereka jika mereka membantu Anda memelihara kebun. Ini dapat mengurangi biaya makanan Anda, dan Anda tidak harus sering berlari ke toko kelontong. Sebagai gantinya, Anda akan muncul ke kebun Anda, ambil beberapa sayuran, cuci, potong, dan siap untuk pergi.
Menumbuhkan kebun sayur adalah cara yang bagus untuk mengurangi tagihan belanjaan Anda sambil memanfaatkan kondisi cerah yang dibawa taman atap.

12. Menarik Satwa Liar

Sulit melihat satwa liar setiap hari jika Anda tinggal di daerah perkotaan yang padat. Tapi, ide taman atap ini akan membantu membawa burung kepada Anda. Ada beberapa hal yang bisa Anda bawa ke dalam desain taman Anda yang tak tertahankan bagi burung. Mandi burung sederhana akan mendorong mereka untuk datang dan bermain di air. Anda bisa menambahkan satu atau dua pengumpan burung di sepanjang tepi taman sedikit dari area tempat duduk Anda. Burung-burung akan tertarik pada makanan dan datang berkunjung.
Jika Anda ingin kupu-kupu, Anda dapat menambahkan menanam semak kupu-kupu ke ide-ide taman atap Anda. Ini adalah tanaman hias indah yang menumbuhkan bunga-bunga cantik untuk menarik kupu-kupu. Mereka juga memiliki area persembunyian yang bagus untuk satwa liar yang lebih kecil.

13. Buat Rumput

Mungkin ide-ide taman atap Anda sedikit lebih rendah pemeliharaan dan santai. Jika ini masalahnya, Anda dapat dengan mudah menghijaukan area Anda dengan membuat sepetak halaman rumput kecil. Laying sod adalah cara yang bagus untuk mendapatkan hasil instan jika Anda tidak yakin bagaimana menyebarkan dan memelihara rumput tradisional. Anda harus secara rutin menyirami dan memotong rumput ini, dan menggunakan pupuk setiap dua atau tiga bulan akan membuatnya tetap hijau, tebal, dan subur.
Namun, halaman adalah ide taman atap yang sangat baik karena memberi Anda area untuk duduk dan bersantai. Anda dapat dengan mudah piknik atau memasak bersama teman-teman Anda di sini. Ini memberi anak-anak Anda tempat yang bagus untuk bermain di luar di bawah sinar matahari juga. Ada beberapa jenis rumput yang bisa dipilih, dan Anda dapat membuat perbatasan di sekitarnya dengan tanaman pot, pohon, atau semak untuk membuat area tertutup.
Sepetak kecil halaman rumput adalah cara yang bagus untuk menambahkan lantai alami ke taman Anda sambil memberi anak-anak atau hewan peliharaan tempat yang bagus untuk bersantai dan bermain.

14. Gunakan Tenaga Surya

Karena atap mendapatkan begitu banyak sinar matahari pada siang hari, ide taman atap yang sangat baik adalah menggabungkan tenaga surya. Anda akan membutuhkan lebih banyak ruang untuk ini dan lebih banyak uang di muka, tetapi Anda berpotensi memotong tagihan listrik rumah Anda jika melakukannya dengan benar. Jika Anda tinggal di gedung yang bukan milik Anda, Anda harus meminta izin pemilik gedung sebelum melakukan apa pun dengannya.
Anda bisa mendapatkan panel surya yang lebih kecil dan menggunakannya untuk memberi daya pencahayaan Anda. Hal yang menyenangkan tentang jenis-jenis lampu ini adalah bahwa mereka biasanya menyala dan mati sendiri ketika mereka merasakannya semakin gelap. Mereka dapat bertahan antara enam dan delapan jam semalam, dan mereka tidak akan membebani Anda biaya tambahan listrik untuk dijalankan. Banyak lampu tali datang dengan panel surya terpasang.

15. Tambahkan Fitur Aneh

Merupakan ide bagus untuk menambahkan jalur di sekitar taman atap Anda sehingga orang tidak sengaja menginjak-injak bunga atau wadah Anda saat berjalan di sekitarnya. Tapi, Anda juga bisa menambahkan beberapa fitur aneh untuk menghidupkan area tersebut. Jembatan kayu sederhana atau hardscape lainnya dapat menciptakan cara yang menarik dan menarik untuk beralih dari titik A ke titik B, dan Anda dapat menggunakannya untuk membagi area yang berbeda di taman Anda.
Pergola kayu adalah struktur sederhana yang akan memberi Anda warna parsial di mana Anda dapat duduk dan bersantai di antara mengerjakan kebun Anda. Fitur aneh yang lebih tinggi seperti pergola juga akan menambah tinggi taman Anda, dan Anda dapat dengan mudah membuat area untuk tanaman merambat untuk tumbuh di sisinya dan di atasnya jika Anda ingin lebih banyak naungan.
Gazebo kecil atau struktur serupa memberi Anda area duduk yang bagus di kebun Anda sambil memberikan keteduhan yang sangat dibutuhkan.

Pertimbangan Menanam untuk Ide Taman Atap Anda

Sementara pemeliharaan umum yang datang dengan merawat taman atap sangat dekat dengan taman atau wadah biasa, ada beberapa aspek unik yang harus Anda pertimbangkan. Jika tidak, Anda bisa berakhir dengan taman yang tidak berkembang, atau Anda bisa mendapat masalah dengan pemiliknya. Anda harus mempertimbangkan:
  • Izin – Jika Anda tidak memiliki gedung, pastikan Anda mendapatkan izin tertulis dari pemilik atau pemilik bangunan sebelum melakukan apa pun. Periksa dengan dewan kota setempat tentang batasan ketinggian, peraturan kebakaran, atau kode bangunan apa pun yang harus Anda ketahui tentang taman Anda.
  • Akses – Seberapa mudah untuk masuk dan keluar dari taman atap Anda? Bagaimana Anda akan mendapatkan persediaan Anda di sana? Jika Anda tinggal di kondominium atau gedung apartemen, pastikan tidak apa-apa menggunakan lift. Beberapa kode mengharuskan Anda memiliki beberapa pintu masuk dan keluar serta penerangan. Anda ingin mengingat persyaratan ini saat membangun.
  • Struktural Integrity – Setelah Anda mendapatkan semua kotoran dan tanaman di wadah Anda, ini dapat menambah banyak tekanan ke atap Anda. Anda harus memastikan atap Anda dapat menangani beban ide taman atap Anda akan diletakkan di atasnya. Anda harus meminta bantuan profesional berlisensi untuk menguji integritas struktural atap.
  • Sinar matahari – Berapa banyak paparan sinar matahari langsung yang didapat taman secara teratur? Jika banyak, Anda harus menyesuaikan tanaman sesuai dengan itu. Apakah ada teras atau bangunan yang akan membuat bayangan? Ingatlah bahwa matahari akan intens di sini, terutama dengan latar belakang beton.
  • Air – Apakah mungkin bagi Anda untuk menjalankan selang ke atap untuk mencapai semua wadah Anda? Jika tidak, Anda mungkin harus memikirkan untuk memasang barel hujan atau irigasi tetes. Jika tidak, Anda harus membawa air ke kebun secara manual dan menyirami setiap wadah. Ini bisa sangat memakan waktu dan menyebabkan ketegangan besar pada tubuh Anda.
Wadah penampung hujan adalah cara yang bagus untuk menggunakan kembali air dan memberikan tanaman Anda air murni tanpa bahan kimia atau zat tambahan di dalamnya.
  • Panas – Matahari akan menghantam taman atap Anda dan membuatnya sangat hangat. Panas ambient adalah hal lain yang harus Anda khawatirkan, dan ini adalah panas yang memantul dari permukaan atap, trem, bangunan di sekitarnya, atau struktur utilitas. Anda akan menginginkan naungan dari beberapa jenis untuk diri sendiri, jika bukan untuk tanaman.
  • Privasi – Meskipun Anda berada di atas atap, privasi dapat menjadi hal yang berubah-ubah. Siapa pun di daerah perkotaan kemungkinan besar memiliki gedung tinggi di sekitarnya, dan ini akan menghilangkan privasi Anda. Salah satu cara mudah untuk meningkatkan tingkat privasi Anda adalah dengan menanam pagar tanaman yang selalu hijau atau memasang dinding terali dan tanaman merambat. Anda bisa mendapatkan payung matahari besar dan mengaturnya di atas meja juga.
  • Angin – Angin bisa menjadi faktor besar dengan bangunan tinggi, dan itu bisa cukup kuat untuk menghancurkan tanaman Anda atau meniup wadah. Pagar atau dinding dapat membantu mengurangi angin dan menyelamatkan tanaman Anda. Namun, Anda harus memeriksa kode bangunan Anda sebelum memasang apa pun untuk memastikan Anda tidak melewati batasan ketinggian apa pun.
  • Listrik – Listrik di kebun Anda bukan keharusan, tetapi dapat membuat segalanya lebih mudah jika Anda ingin menikmatinya setelah debu. Lampu tali atau bahkan lampu kecil yang dioperasikan dengan baterai dan lampu surya biasanya dapat memberi Anda beberapa jam cahaya tanpa memerlukan kabel berlebih pada bagian Anda.
  • Anggaran – Anggaran Anda akan berperan dalam seberapa boros taman atap Anda. Anda selalu dapat memulai dari yang kecil dan bertambah saat Anda mendapatkan lebih banyak dana. Biaya terbesar yang akan Anda miliki dengan taman ini adalah menerapkan hardscapes atau bangunan langsung di atap. Menambahkan pencahayaan, membangun tempat tidur yang ditinggikan, menambahkan furnitur, atau memasang ubin bisa bertambah. Anda mungkin juga perlu memperkuat area untuk mendukungnya.
  • Ruang Penyimpanan – Ada banyak item yang terkait dengan menjaga taman dalam kondisi yang baik seperti kompos, pupuk, sekop, sekop, dan alat berkebun lainnya. Wadah itu sendiri dapat menimbulkan masalah penyimpanan di luar musim. Tempat duduk bangku yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan, lemari sempit, atau unit rak semuanya dapat membantu Anda memaksimalkan ruang penyimpanan Anda.
Taman atap yang bagus adalah cara yang bagus untuk menggunakan ruang yang biasanya sia-sia, dan Anda dapat membuat area santai untuk dinikmati seluruh bangunan.

Kesimpulan

15 ide ini untuk taman atap Anda dan pertimbangan umum akan membantu Anda menciptakan ruang menakjubkan yang sempurna untuk duduk dan bersantai. Anda memiliki kebebasan untuk membuat satu yang sebesar atau sekecil yang dimungkinkan oleh ruang Anda, dan mudah untuk skala itu naik atau turun saat kebutuhan Anda berubah.
Source : happydiyhome.com