Destinasi wisata, Hippindo City diawali dengan pembukaan Food Junction. Proyek ini ditargetkan selesai pada tahun 2020 dan diharapkan dapat membuka lapangan kerja baru.

PropertiTerkini.com (Jakarta) – Pasar properti Tanah Air merespon positif periode kedua pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Sejumlah proyek properti baru diluncurkan sebagai pertanda kondisi ekonomi akan lebih baik di masa mendatang.

Momentum ini dimanfaatkan oleh PT Vasanta Indo Properti (VIP) untuk melakukan aksi dan keputusan strategis. Melalui anak usahanya PT Sirius Surya Sentosa (SSS), VIP menandatangani kesepakatan dengan Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) untuk mengembangkan pusat destinasi ala Jepang bernama Hippindo City (8.000 m2).

Baca Juga: Seminggu Diluncurkan, Proyek Komersial Hippindo City Tersisa 10 Unit

Penandatanganan kerja sama yang disaksikan langsung oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Angela Tanoesoedibjo, Direktur PT Vasanta Diamond Development Kenji Shimazaki selaku partner startegis yang merupakan usaha patungan antara anak usaha Mitsubishi Corporation yakni PT Diamond Development Indonesia dengan SSS, serta manajemen VIP ini dilakukan di Pullman Hotel Central Park, Jakarta Barat, Kamis (14/11).

Hippindo City akan dibangun di dalam area Superblock Vasanta Innopark (100 ha) di kawasan Industri MM2100 Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Nantinya terdapat Japanese Shopping Street sepanjang 1,5 km berkonsep outdoor dengan lebar jalan 18 meter.

“UKM-UKM lokal akan kami akomodir untuk bisa masuk,” ujar Sales & Marketing Director Vasanta Innopar, Ming Liang kepada PropertiTerkini.com, usai penandatanganan kerja sama bertajuk The Genuine Intergrated Japanese Town In Eastern Corridor tersebut.

Baca Juga: Vasanta Innopark Pasarkan Tower Chihana, Potensi Sewa Rp70-100 Juta per Tahun

Ketua Umum Hippindo, Budihardjo Iduansjah yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan, konsep bangunan dan kerja sama betul-betul dirancang secara matang.

“Kami serius mengembangkan destinasi Hippindo City. Butuh waktu satu tahun untuk negosiasi MOU ini, supaya kelak Hippindo mampu menjadi organisasi yang bermanfaat bagi peritel dengan tetap mengikuti isu-isu dan program kerja pemerintah,” ujar Budhi dalam sambutannya.

Vasanta Innopark dibangun di lahan 12 hektar di Cibitung, Bekasi
Vasanta Innopark dibangun di lahan 12 hektar di Cibitung, Bekasi./ dok. Vasanta Innopark

Ia juga menyebut, Hippindo City akan menjadi wisata belanja terlengkap di koridor timur Jakarta. “Cibitung akan menjadi destinasi selanjutnya setelah Kota Jakarta. Setiap sudut didesain standar Jepang, termasuk taman dan trotoar untuk pejalan kaki. Jadi orang Indonesia (yang) mau (berwisata) ke Jepang nggak jadi karena di Cibitung juga ada wisata khas Jepang. CBD ini kami harapkan jadi premium outlet Jepang pertama di Indonesia,” terangnya.

Baca Juga: Empat Desa Wisata Indonesia Masuk Daftar Sustainable Destinations Top 100

Dilalui lebih dari 650 ribu unit kendaraan setiap harinya, Kenji Shimazaki yakin Hippindo City akan menjadi Semanggi Baru di timur Jakarta. Menurutnya, sejauh ini belum ada area komersial yang mampu memfasilitasi lebih dari 130.000 karyawan yang bekerja di kawasan industri MM2100.

“Kami sangat menunggu kerja sama ini. Targetnya akan selesai pada 2020 dan diharapkan dapat membuka lapangan kerja baru serta meningkatkan devisa negara,” pungkasnya.